MEMAHAMI DAN MENGENAL DASAR HUKUM AGAMA DENGAN MENDALAM

Sebagai seorang warga negara, sudah bukan menjadi sebuah hal yang lagi baru terdengar bahwa ada tatanan yang membantu untuk mengatur kehidupan yang dimiliki atau dijalani oleh masyarakat itu sendiri. Aturan atau tatanan tersebut seringkali atau lebih dikenal dengan sebutan hukum dan biasanya sifatnya cukup mengikat serta mutlak bagi masyarakat yang ada di dalamnya. Di sisi lain, hukum sendiri juga mencakup banyak jenis akan sistem hukum yang berlaku dan biasanya tergantung atas banyak faktor. Pada artikel yang satu ini akan lebih fokus membahas terkait dengan dasar hukum agama yang ada supaya bisa mengenali dan menjalaninya dengan lebih mendalam serta juga baik.

Memahami Pengertian Hukum

Sebelum lebih jauh membahas segala hal yang berkaitan dengan hukum agama, perlu untuk mengenali terlebih dahulu yang berkaitan dengan pengertian dari hukum itu sendiri secara mendasar. Pada dasarnya, hukum menjadi sebuah wujud dari aturan-aturan yang di dalamnya ada banyak pertimbangan berkaitan dengan kesusilaan yang kemudian dilihat dari perwujudan tingkah laku oleh manusia itu sendiri. Hukum ini berjalan di tengah masyarakat serta dijadikan sebagai bahan pedoman atau pegangan akan melaksanakan tugas bagi para penguasa yang ada. Biasanya juga di dalam hukum mencakup segala aturan yang berkaitan dengan norma dan sanksi atas bentuk konsekuensi dari apa yang dilakukan tersebut.

Memahami Pengertian dari Sistem Hukum

Perlu untuk diketahui dan diingat bahwa keberadaan dasar hukum agama itu sendiri masuk dan mengacu atas jenis dari sistem hukum yang ada. Maka dari itu, perlu dan penting untuk bisa mengenali apa sebenarnya yang dimaksud dengan sistem hukum itu sendiri secara lebih mendalam untuk bisa mengikuti dengan baik. Pada dasarnya, sistem hukum merupakan sebuah bentuk akan kesatuan hukum yang di dalamnya ada banyak unsur interaksi di antara individunya serta membentuk kerja sama untuk dapat mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itu, keberadaan dari sistem hukum itu sendiri cenderung cukup kompleks karena mengandung banyak unsur yuridis.

Memahami Pengertian dari Hukum Agama

Pada bagian sebelumnya sudah diajak untuk mengenal dan memahami apa itu sebenarnya hukum serta sistem hukum secara pengertian yang cukup mendasar. Lalu, pada bagian yang satu ini akan diajak untuk mengenali dan memahami apa sebenarnya pengertian yang dimiliki oleh dasar hukum agama itu sendiri dengan lebih mendalam. Pada dasarnya, hukum agama menjadi sebuah kesatuan dari sistem hukum yang sumbernya diambil dari ketentuan untuk agama tertentu dan banyak ditemukan dari tulisan suci yang kemudian menjadi pedoman dari menjalani kehidupan. Di Indonesia sendiri mengingat bahwa ada banyak agama yang dianut oleh masyarakatnya, maka sistem hukumnya juga berbeda.

 

Penulis:

TB Agung, SH.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top